KARAKTERISTIK SISTEM KENDALI ON-OFF SUHU CAIRAN BERBASIS MIKROKONTROLER AT90S8535

Muchlas Muchlas, Nuryono Satya Widodo, Wisnu Wulur

Abstract


Penggunaan mikrokontroler sebagai bagian dari suatu sistem pengendalian dan pengukuran merupakan suatu alternatif yang menarik untuk dikembangkan. Dengan semakin tersedianya mikrokontroler yang memiliki berbagai fasilitas seperti saluran ADC dan sarana komunikasi yang menyatu dalam satu chip tunggal dengan prosesor utamanya, maka peluang merancang sendiri peralatan pengendalian dan pengukuran untuk berbagai eksperimen menjadi sangat terbuka. Tujuan penelitian adalah merancang dan menguji alat pengendali suhu cairan dengan menggunakan mikrokontroler AT90S8535.

Pada penelitian ini dirancang suatu  alat pengendali suhu cairan yang bisa dipertahankan nilainya sesuai dengan nilai yang diinginkan. Perancangan sistem kendali suhu cairan yang dibuat meliputi dua bagian utama yaitu bagian perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras meliputi mikrokontroler AT90S8535 sebagai pusat kendali, relai solid state (SSR) dan relai  mekanik sebagai komponen penyaklaran, 2 tombol tekan sebagai pengatur set-point suhu, serta pemanas dan pendingin yang berisi cairan sebagai plant yang dikendalikan. Pengambilan data dilakukan dengan cara pertama, mengambil data hasil perbandingan suhu yang terukur oleh alat kendali dengan termometer analog dimana alat kendali diperlakukan sebagai termometer digital. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan karakteristik pembacaan/pengukuran suhu dari alat kendali. Kedua, pengambilan data dilakukan dengan membandingkan masukan set-point suhu dengan kendali on-off terhadap perubahan waktu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pengendalian dari alat kendali.

Hasil yang didapatkan adalah  alat ini bisa mengendalikan dan mengukur suhu berkisar 27°C – 99°C dengan delta pengendalian terkecil sebesar 1°C. Dengan adanya tampilan digital pada LCD (Liqud Crystal Display) dan pengukuran suhu dalam satuan derajat Celcius dan Fahrenheit, maka alat ini dapat pula dimanfaatkan sebagai termometer digital.


Full Text:

PDF

References


Muchlas., 1995, “Karakeristik Transduser subu Menggunakan Sensor Diode Silikon Berbasis Komputer Mikro” Penelitian, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Rahyudi, W., 2003, “Sistem Pengukur Dan Kontrol Suhu Berbasis Komputer Mikro Melalui Port Parallel” Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Budianto, T.M., 2003, “Perancangan Termometer Digital Berbasis Mikrokontroler 68HC11” Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Gunterus, F., 1994, “Falsafah Dasar Sistem Pengendalian Proses” Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ogata, K., 1996, “Teknik Kontrol Otomatik” Penerbit Erlangga.

Phillips, C.L., Harbor, R.D., 1996, “Dasar-Dasar Sistem Kontrol” Prentice Hall.

Kuo, B.C., 1995, “Teknik Kontrol Otomatik” Prentice Hall.

Petruzela, F.D., 2001, “Elektronika Industri” Penerbit Andi Yogyakarta.

http://www.atmel.com., AT90S8535 Reference Manual.

http://www.National.com., LM35 Precission Centrigade Temperature Sensors.

http://www.SeikoInstrument.com., LCM Liquid Crystal Display Modules.

http://www.fairchildsemi.com., Optoisolators Triac Driver Output.

Loveday, G.C., 1994, “Pengujian Elektronika Dan Diagnosa Kesalahan” Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Coughlin, R.F., Driscoll, F.F., Soemitro, H.W., 1994, “Penguat Operasional dan Rangkaian Terpadu Linear” Penerbit Erlangga.

Plant, M., Stuart, J., 1985, “Pengantar Ilmu Teknik Instrumentasi” Penerbit PT Gramedia, Jakarta.




DOI: http://doi.org/10.12928/telkomnika.v3i2.1227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TELKOMNIKA Telecommunication, Computing, Electronics and Control
ISSN: 1693-6930, e-ISSN: 2302-9293
Universitas Ahmad Dahlan, 4th Campus
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia 55191
Phone: +62 (274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax: +62 274 564604

View TELKOMNIKA Stats