VISUALISASI METODE REFLEKSOLOGI UNTUK PENYEMBUHAN PENYAKIT DENGAN VISUAL BASIC

Kartika Firdausy, Anton Yudhana, Ikhsan Sugianto

Abstract


Kesibukan yang makin meningkat dan faktor ekonomi sering membuat orang kurang peduli dengan kesehatan tubuhnya. Sering terjadi, manusia baru sadar ketika penyakitnya mulai berat. Tujuan penelitian ini adalah membuat visualisasi metode refleksologi untuk penyembuhan penyakit dengan Visual Basic yang menyajikan informasi tentang metode refleksologi melalui visualisasi yang mudah digunakan meski oleh orang awam sekalipun. Metode pengumpulan data dalam pembuatan Visualisasi Metode Refleksologi Untuk Penyembuhan Penyakit Dengan Visual Basic adalah dengan metode: observasi (melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan pemijatan titik refleks yang dilakukan di daerah Kulonprogo Yogyakarta) dan metode kepustakaan (membaca buku-buku yang berkaitan dengan metode refleksologi). Data yang diperoleh dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan dan kemudian diolah dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Pada hasil penelitian program aplikasi Visualisasi Metode Refleksologi Untuk Penyembuhan Penyakit Dengan Visual Basic menyajikan beberapa pilihan menu, antara lain: menu anjuran memijat, menu cara memijat, menu penyakit dan gejalanya, menu metode refleksologi, menu gambar titik refleks, dan menu keluar. Software yang dibuat telah diuji coba terhadap beberapa orang responden, yaitu orang yang memahami metode refleksologi dan orang yang belum memahami metode refleksologi.  Dari pengujian didapatkan hasil: software visualisasi titik refleksologi tampilannya menarik, materi yang disajikan mudah dimengerti, dan cukup informatif.


Full Text:

PDF

References


Kristanto, H., 1994, “Konsep dan Perancangan Database“, Andi Offset, Yogyakarta.

Mansjoer., Arief., Triyanti, P., Savitri., Rahmi., Wardhani, W, I., dan Setyowulan, W., 1999, “Kapita Selekta Kedokteran“, Edisi 3, Jilid 1., Media Aesculapius, Fakultas Kedokteran UI, Jakarta.

Rusdiana, R., 2003, “Aplikasi Multimedia Tentang Informasi Anatomi Tubuh Manusia“, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Santoso, I., 1997, “Interaksi Manusia dan Komputer Teori dan Praktek“, Andi Offset, Yogyakarta.

Surachmad, W., 1979, “Metodologi Pengajaran Nasional“, Jemmars, Jakarta.

Suryadi H.S., dan Sumin, A., 1994, “Algoritma dan Pemrograman (Teknik Diagram Alur dan Bahasa Basic Dasar) “, Gunadarma, Jakarta.

Suryani, E., 2001, “Visualisasi Pengajaran Bermain Gitar Bagi Pemula“, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Tosin, R., 1997, “Flowchart Untuk Siswa dan Mahasiswa“, Dinastindo Adiperkasa, Jakarta.

Tairas, T, J.H., 1998, “REFLEKSOLOGI (Penyembuhan Penyakit Dengan Pijat Pembukuh Darah dan Pusat Saraf)“, Rineka Cipta, Jakarta.




DOI: http://doi.org/10.12928/telkomnika.v4i1.1248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TELKOMNIKA Telecommunication, Computing, Electronics and Control
ISSN: 1693-6930, e-ISSN: 2302-9293
Universitas Ahmad Dahlan, 4th Campus
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia 55191
Phone: +62 (274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax: +62 274 564604

View TELKOMNIKA Stats