APLIKASI WATEMARKING UNTUK PERLINDUNGAN HAKI PADA CITRA DIGITAL DALAM DOMAIN FREKUENSI MENGGUNAKAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT)

Kartika Firdausy, Anton Yudhana, Eka Rahmat B

Abstract


Watermarking adalah suatu metode untuk menyebunyikan data pada data digital tanpa diketahui oleh indera penglihatan atau pendengaran. Dalam paper ini watermarking di aplikasikan untuk perlindungan HaKI pada citra digital khususnya citra diam (gambar). Metode watermarking yang digunakan dengan memanfaatkan transformasi matematis Fast Fourier Transform (FFT) yang berfungsi untuk mentransformasikan dari domain spasial ke domain frekuensi, karena citra label yang tertanam di dalam citra host lebih kuat terhadap serangan setelah melaluai transformasi terlebih dahulu. Ada dua program utama dari aplikasi watermarking yaitu program proses inserting (penyisipan) yang berfungsi untuk menyisipkan citra label atau label kepemilikan kedalam citra yang dilindungi dan program proses extracting (pendeteksian) sebagai pendeteksi label yang tertanam di dalam citra tersebut. Hasil watermarking yang dicapai dalam paper ini adalah informasi atau label yang tertanam dalam citra digital, invisible (tidak nampak oleh kasat mata) dan robust (tahan) terhadap penghapusan secara langsung atau dari beberapa proses pengolahan citra digital.


Full Text:

PDF

References


Agung, P, W., ”Digital Watermarking Teknologi Pelindung HaKI Multimedia”, Elektro Indonesia, No 35, Tahun VI, Februari, Jakarta, 2000.

Firdausy, F., Hawariyanta, I., dan Murinto, ”Implementasi Watermarking untuk Penyembunyian Data pada Citra dalam Domain Frekuensi Menggunakan Discrete Cosine Transform”, Jurnal Telkomnika, Vol 4, No. 1, 2006.

Purbaningsih, E, SN., Mardi, S., dan Suprapto, K, Y., ”Proteksi Watermarking pada Citra Diam dengan Metode RSPPMC”, Reseach GrouP on Intelegent Technology for Non Linier System, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia, Politeknik Elektro Negeri Surabaya, ITS, Surabaya, 2004.




DOI: http://doi.org/10.12928/telkomnika.v4i2.1255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TELKOMNIKA Telecommunication, Computing, Electronics and Control
ISSN: 1693-6930, e-ISSN: 2302-9293
Universitas Ahmad Dahlan, 4th Campus
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia 55191
Phone: +62 (274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax: +62 274 564604

View TELKOMNIKA Stats