MEMBANGUN APLIKASI GAME SOKOBAN BERORIENTASI OBJEK PADA PONSEL DENGAN TEKNOLOGI JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME)

Wahyu Pujiyono, Mursid Wahyu Hananto, Suheri Suheri

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat, salah satunya adalah dibidang hiburan yaitu game. Hadirnya teknologi Java (J2ME) pada ponsel, menjadikan game tidak lagi hanya dijalankan atau dimainkan pada platform konsol maupun komputer, melainkan juga dapat dijalankan pada perangkat handheld seperti ponsel. Pengembangan game pada ponsel dengan prosessor, memori, layar dan keypad yang terbatas membutuhkan inovasi atau ide-ide kreatif dalam memodifikasi game, sehingga dapat dimainkan di ponsel dengan baik. Salah satunya adalah dengan menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek. Permainan (game) yang banyak dimainkan di antaranya adalah yang ber-genre puzzle games. Makalah ini akan memaparkan teknik pengembangan aplikasi game sokoban yang berorientasi objek pada ponsel. 


Full Text:

PDF

References


Fachrisal, A., Haryo, B., Auw, J., Arnawa, W., Tommy, P., Tino, D.P., Antony, S., Fery, Michael, E., Edisi 07, hal 57, “Tip & Trik Mengoptimalkan Sistem Operasi Windows Untuk Games“, Play/Level Majalah Game PC Internasional, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002.

Hartanto, A.A., “Pemrograman Mobile Java dengan MIDP 2.0”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2003

Sunaryo, A., “Membangun Aplikasi Game Mover Pada Ponsel Menggunakan Java 2 Micro Edition (J2ME)”, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 2005.

Wicaksono, A., “Pemrograman Aplikasi Wireless dengan Java”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002.

Zaidir, “Metode Collision dan Sistem Acak sebagai Dasar Pembuatan Game Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0”, Skripsi S-1, Universias Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 2005.

http://www.cs.ualberta.ca/~games/Sokoban/

http://www.java.sun.com/J2ME

http://www.java.sun.com/product/midp/




DOI: http://doi.org/10.12928/telkomnika.v4i2.1256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TELKOMNIKA Telecommunication, Computing, Electronics and Control
ISSN: 1693-6930, e-ISSN: 2302-9293
Universitas Ahmad Dahlan, 4th Campus
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia 55191
Phone: +62 (274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax: +62 274 564604

View TELKOMNIKA Stats