APLIKASI MOBILE COMMERCE UNTUK SISTEM INFORMASI PEMESANAN SEPEDA MOTOR IMPOR PADA DEALER HRC (HONDA RACING CBU)

Dewi Soyusiawaty

Abstract


Pada umumnya untuk mendapatkan informasi sepeda motor impor biasanya dilakukan dengan melihat brosur, iklan, browsing internet, bahkan banyak juga yang harus langsung mendatangi dealer sepeda motor impor yang hanya ada di kota-kota besar, sedangkan pihak dealer melakukan promosi produknya dengan membagikan brosur, dan membuat iklan via media massa seperti tabloid atau surat kabar. Cara-cara seperti ini kurang efektif dan efisien dalam hal waktu, biaya dan tenaga. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi mobile commerce untuk sistem informasi pemesanan sepeda motor impor pada dealer HRC (Honda Racing CBU yang dapat diakses melalui handphone. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis kebutuhan sistem dengan melakukan pengumpulan dan pengelompokan data yang sesuai dengan jenis dan fungsinya, melakukan perancangan kebutuhan perangkat lunak dengan pemodelan yang mudah dimengerti dan yang terakhir merancang program aplikasi yang diimplementasikan ke dalam perangkat lunak. Setelah program selesai, dilakukan pengujian dengan metode black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba program, maka dapat disimpulkan bahwa program ini dapat di akses melalui telepon seluler (ponsel) dan dapat membantu user dalam mendapatkan informasi, melakukan pemesanan sepeda motor hingga suku cadang secara online dan membantu pihak dealer dalam mempromosikan atau memasarkan produk sepeda motornya.


Full Text:

PDF

References


. Amru, A., “Aplikasi Informasi Developer Perumahan Via Handphone Berbasis Java 2 Micro Edition”, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 2006.

. Elmasri, Ramez dan Navathe, S.B., “Fundamentals of Database System”, Second edition, The Benjamin / Cummings Publishing Company Inc., 1994.

. Marco, T., “Profesional WAP With WML, WMLScript, ASP, JSP, XML, XSLT, WTA, Push and VoiceXML”, http://www.wapforum.org/what/copyright.htm

. Maulana, L., “Implementasi mobile commerce mengguanakan java server page dan database server PostgreSQL”, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 2001.

. Nugroho, B. “Pengembangan Program WAP dengan WML dan PHP”, Gava Media, Yogyakarta. 2005.

. Prasetyo, D.D., ”Administrasi Database server MySql”, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2003.

. Purbo, OW. dan Wiharjito, T., “Keamanan Jaringan Internet”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001.

. Sanjaya, Ridwan dan Onno, “Membuat Aplikasi WAP dengan PHP” PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002.

. Suhendar, A., ”Teknologi Pemrograman Mobile Commerce”, Informatika, Bandung, 2003.

. Wibowo, A., Rudy A., dan Andress J.T., ”Pemanfaatan Web pada Sistem Pencarian Informasi Properti” Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2006.




DOI: http://doi.org/10.12928/telkomnika.v6i2.560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TELKOMNIKA Telecommunication, Computing, Electronics and Control
ISSN: 1693-6930, e-ISSN: 2302-9293
Universitas Ahmad Dahlan, 4th Campus
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia 55191
Phone: +62 (274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax: +62 274 564604

View TELKOMNIKA Stats